Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengapa Bangsa Eropa Mencari Rempah Rempah Ke Indonesia

Hal ini menjadi faktor utama bangsa-bangsa Eropa menjelajahi kemudian ingin menguasai Indonesia. Beberapa negara di belahan dunia seperti Portugis Spanyol.


Cari Jawaban Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Mengapa Bangsa Eropa Ingin Menguasai Perdagangan Rempah Rempah Di Indonesia Semua Halaman Bobo

Keadaan ini mendorong bangsa Barat Eropa untuk berlomba mencari rempah-rempah langsung ke daerah asalnya dengan ini mereka melakukan penjelajahan samudra.

Mengapa bangsa eropa mencari rempah rempah ke indonesia. Indonesia hanya mengenal musim hujan dan kemarau yang memungkinkan berbagai tanaman mudah tumbuh berkembang dan ditanam setiap waktu. Misalnya bangsa Eropa yang melakukan penjajahan di Indonesia dengan tujuan untuk menguasai perdagangan rempah-rempah Indonesia. Oleh karena itu rempah-rempah pernah menjadi komoditas paling dicari bangsa-bangsa Eropa dan dihubungkan dengan penjajahan di Indonesia.

Bangsa Eropa memburu rempah-rempah. Pada saat itu bangsa Eropa berlomba-lomba mencari daerah pusat penghasil rempah. Selama ini Bangsa Eropa membeli rempah-rempah hanya melalui pedagang perantara di kawasan Asia Barat yang menyebabkan harga rempah-rempah menjadi sangat mahal.

Empat Bangsa besar eropa saling bersaing dalam pencarian ini antara lain spanyol porugis belanda. Yuk cari tahu kunci jawabannya. Situasi ini mendorong orang-orang Eropa menjelajahi jalur pelayaran ke wilayah yng tidak sedikit mempunyai bahan rempah-rempah salah satunya kepulauan Nusantara Indonesia.

Sejak tahun itu Pemerintahan Turki Usmani melarang para pedagang Eropa berdagang di sekitar Laut Tengah. Berdasarkan data yang dirilis Food and Agriculture. Kedatangan bangsa barat di indonesia donisaurus.

Adanya keinginan menyebarkan agama gospel. Dengan demikian bangsa Eropa termasuk Belanda melakukan penjajahan ke negara-negara di Asia karena mereka tergiur akan besarnya sumber-sumber ekonomi berupa rempah-rempah yang terdapat di negara-negara Asia. Bangsa Eropa termasuk Belanda melakukan penjajahan ke negara-negara di Asia awalnya adalah untuk mencari rempah-rempah yang saat itu merupakan komoditas yang sangat berharga dan menguntungkan.

Rempah-rempah yang tidak tumbuh di Eropa mulai dikenal melalui hubungan orang-orang Arab dengan bangsa Eropa ketika perang salib pada abad ke 11. Rempah-rempah dicari bangsa Eropa karena manfaatnya sebagai penghangat dan bisa dijadika. Kita tentu tau alasan kenapa Indonesia dijajah selama ratusan tahun lamanya.

Karena rempah-rempah yang dimiliki Indonesia sangat melimpah ada diberbagai wilayah. Jalur kedatangan bangsa eropa ke indonesia. Kaya Akan Rempah-Rempah Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan rempah-rempah.

Membeli dengan harga murah di Maluku dan menjualnya dengan harga tinggi di Eropa. Rempah-rempah menjadi salah satu alasan terbesar Bangsa Eropa datang ke negara-negara di Asia seperti Indonesia. Mereka menjadi kesulitan mendapatkan komoditas penting terutama rempah-rempah.

Dimulailah era kolonialisasi Barat di Asia. Di Indonesia rempah-rempah banyak digunakan untuk menambah cita rasa masakan dan dijadikan bahan-bahan obat. Bangsa Eropa Datang Bukan ke Indonesia 1 Tapi Nusantara 2 Suratman 3 4 5 6 Pengantar Indonesia Dulu Nusantara dikenal sebagai daerah penghasil rempah-rempah.

Dalam sejarah rempah rempah tercatat kala itu perburuan rempah rempah terbesar dilakukan pada abad 15an bangsa bangsa di eropa saling berlomba mencari komoditi golongan rempah rempah mereka menuju ke pusat pusat penghasil rempah rempah terbesar didunia. Persaingan sengit atas rempah terjadi antara empat negara raksasa di Eropa saat itu. Ternyata bangsa Eropa juga menggunakan rempah-rempah untuk berbagai kebutuhan lo teman-teman.

Berabad-abad kemudian rempah-rempah masih menjadi salah satu komoditas unggulan ekspor ke negara-negara Eropa dan Amerika. Pala dan Cengkeh tidak hanya menghasilkan banyak khasiat tapi juga daya tarik bangsa Eropa hingga terjadinya peperangan dalam dunia perdagangan. Sementara di negara-negara Eropa hal tersebut tidak mungkin terjadi.

Mengapa bangsa Eropa ingin menguasai perdagangan rempah-rempah di Indonesia ya. Kedatangan mereka berambisi untuk berburu dan menguasai rempah-rempah dengan menjajah Nusantara. Mereka sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak.

Kedatangan bangsa Portugis ke Indonesia mempunyai tiga tujuan sebagai berikut. Dalam perkembangannya orang-orang tak saja berdagang akan tetapi pula menguasai sumber rempah-rempah di negara penghasil. Inilah awal mula periode kolonialisme di Indonesia yang dimulai dari ambisi penguasaan dagang rempah-rempah yang melimpah di Nusantara oleh bangsa-bangsa Eropa.

Keadaan tersebut mendorong penjelajahan samudra untuk mencari sumber daya lain di luar Eropa. Namun sejarah dunia mencatat perburuan rempah terbesar di dunia terjadi pada abad ke-15 masehi. Pada bab ini akan.

Rempah-rempah yang dijual ke Eropa asal Indonesia. Mengapa Bangsa Eropa Datang Ke Indonesia Latar belakang kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia. Hal ini mendorong bangsa Eropa seperti Portugis Spanyol Inggris dan Belanda berlabuh di Indonesia untuk mencari rempah-rempah dengan harga yang jauh lebih murah.

Terputusnya jalur perdagangan karena Konstantinopel jatuh. Indonesia dan bangsa-bangsa di Eropa memiliki perbedaan kondisi alam. Tujuan agama yaitu menyebarkan agama Nasrani.

Misi khusus tersebut adalah menyebarkan agama kepada penduduk daerah yang dikuasainya. Tujuan kedatangan bangsa eropa ke indonesia adalah untuk mencari sumber rempah rempah. Tujuan ekonomi yaitu mencari keuntungan yang besar dan hasil perdagangan rempah-rempah.

Digunakan untuk Banyak Hal. Lantas apa hubungan rempah-rempah dengan penjajahan di Indonesia. Selain mencari kekayaan dan tanah jajahan bangsa Eropa juga membawa misi khusus.

Akibatnya bangsa Eropa kesulitan menemukan rempah-rempah sebagai komoditas yang banyak dicari di pasar. Sehingga agar mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya mereka melakukan penjajahan dan penguasaan terhadap negara-negara di Asia. Mengapa bangsa-bangsa Barat sangat membutuhkan rempah-rempah.

Jika waktu SD Anda mempelajari Ilmu Pengetahuan Sejarah maka pasti tahu bahwa rempah-rempah adalah alasan bangsa Eropa datang ke Indonesia. Kekayaan rempah-rempah di Indonesia menjadi saksi sejarah peradaban dunia. Masuknya Bangsa Spanyol ke Indonesia Donisaurus Yang dengannya mengikuti jalur yng dilalui magellan pada tahun 1579 francis drake berlayar ke indonesia.

Kedatangan Bangsa Portugis ke Indonesia. Jatuhnya kota Konstantinopel Ibu Kota kerajaan Romawi Timur ke tangan Turki Usmani tahun 1453kemudian bangsa Turki menutup Konstantinopel untuk orang Eropa akibatnya di Eropa terjadi kelangkaan rempah-rempah maka mulailah mereka mencari Negeri. 4 Kelompok Ras dan Penyebab Keberagaman Ras di Indonesia.

Berikut beberapa faktor bangsa-bangsa Eropa melakukan penjajahan di Indonesia di antaranya. Tokoh-tokoh Penjelajah Samudra dari Inggris.


Banyak Dicari Penjajah Eropa Mengapa Rempah Rempah Penting Semua Halaman Bobo


Sejarah Latar Belakang Kedatangan Bangsa Eropa Ke Indonesia


Mencari Rempah Sekaligus Menjajah Jadi Tujuan Bangsa Eropa Ke Nusantara Info Jatim Rri Surabaya


Post a Comment for "Mengapa Bangsa Eropa Mencari Rempah Rempah Ke Indonesia"