Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Alasan Bangsa Eropa Mencari Rempah Rempah Di Indonesia

Jika waktu SD Anda mempelajari Ilmu Pengetahuan Sejarah maka pasti tahu bahwa rempah-rempah adalah alasan bangsa Eropa datang ke Indonesia. Digunakan untuk Banyak Hal Di Indonesia rempah-rempah banyak digunakan untuk menambah cita rasa masakan dan dijadikan bahan-bahan obat.


Sejarah Latar Belakang Kedatangan Bangsa Eropa Ke Indonesia

Kekayaan rempah-rempah di Indonesia menjadi saksi sejarah peradaban dunia.

Alasan bangsa eropa mencari rempah rempah di indonesia. Perhatikan data berikut ini. Rempah-rempah yang tidak tumbuh di Eropa mulai dikenal melalui hubungan orang-orang Arab dengan bangsa Eropa ketika perang salib pada abad ke 11. Adanya semangat penakiukan terhadap orang-orang yang beragama Islam serta membuat daerah-daerah kekuasaan yang dimiliki kerajaan-kerajaan Islam tersebut.

Halaman Selanjutnya 1 2 Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan. Mulai dari bangsa Portugis Spanyol Belanda hingga Inggris pernah mencicipi keuntungan perdagangan rempah-rempah tersebut. Sejak tahun itu Pemerintahan Turki Usmani melarang para pedagang Eropa berdagang di sekitar Laut Tengah.

Bangsa Barat berusaha mencari jalan sendiri ke pusat rempah-rempah di Asia. Salah satu dampak jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani adalah bangsa eropa melakukan penjelajahan samudra mencari jalan menuju ke Asia untuk mendapatkan barang dagangan dari Asia yang mereka butuhkan. Keadaan ini mendorong bangsa Barat Eropa untuk berlomba mencari rempah-rempah langsung ke daerah asalnya dengan ini mereka melakukan penjelajahan samudra.

Sekitar abad XV di Eropa harga rempah-rempah sangat mahal. Mencari Rempah-rempah Penjelajahan yang dilakukan bangsa Eropa disebabkan karena mencari rempah-rempah. Soal dan Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 1 Penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia.

Alasan utama bangsa Eropa berdatangan ke Indonesia adalah Rempah-rempah. Pala dan Cengkeh tidak hanya menghasilkan banyak khasiat tapi juga daya tarik bangsa Eropa hingga terjadinya peperangan dalam dunia perdagangan. Bangsa Eropa Datang Bukan ke Indonesia 1 Tapi Nusantara 2 Suratman 3 4 5 6 Pengantar Indonesia Dulu Nusantara dikenal.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu alasan mengapa bangsa Eropa datang ke Indonesia adalah karena rempah-rempah. Rempah Indonesia Diburu Dunia. Hal ini dilakukan karena rempah-rempah termasuk dalam komoditas utama perdagangan.

Penemuan Coperticus yang didukung oleh Galileo Galilei yang menyatakan bahwa bumi itu bulat. Hal ini menjadi faktor utama bangsa-bangsa Eropa menjelajahi kemudian ingin menguasai Indonesia. Ternyata bangsa Eropa juga menggunakan rempah-rempah untuk berbagai kebutuhan lo teman-teman.

Tujuan kedatangan bangsa eropa ke indonesia adalah untuk mencari sumber rempah rempah. Alasan bangsa Eropa datang ke Indonesia pitti-kitting Sejak awal tarikh masehi Indonesia dikenal sebagai sumber penghasil rempah-rempah yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang Eropa sebagai obat pengawet makanan dan bumbu masakan. Adas Foeniculum vulgare Mill dimanfaatkan untuk meningkatkan cita rasa dalam masakan dan kerumahtanggaan pabrik obat-obatan.

Bermula usai menaklukan bandar perdagangan Malaka pada 1511 bangsa Portugis yang dipimpin Francisco Serrao bertolak menuju pusat produksi rempah. Bangsa Eropa yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap rempah-rempah akhirnya memutuskan untuk menguasai Indonesia. Pada kala itu rempah-rempah digunakan selain untuk penyedap rasa juga digunakan untuk pengobatan.

Rempah-rempah tersebut diantaranya adalah. Ricklefs dalam Sejarah Indonesia Modern 1200-2004 2007. Tujuan Bangsa Eropa Datang Ke Indonesia.

Mereka menjadi kesulitan mendapatkan komoditas penting terutama rempah-rempah. Oleh karena itu mereka berusaha untuk mengeksploitasi rempah-rempah yang ada di Indonesia. 1 Jelaskan rute perjalanan bangsa Portugis mencari rempah rempah sampai ke Maluku siapa pemimpinnya dan bagaimana proses perjalanannya.

Kita tentu tau alasan kenapa Indonesia dijajah selama ratusan tahun lamanya. Masuknya Bangsa Spanyol ke Indonesia Donisaurus Yang dengannya mengikuti jalur yng dilalui magellan pada tahun 1579 francis drake berlayar ke indonesia. Kedatangan bangsa barat di indonesia donisaurus.

Bahan baku tersebut sangat berharga di Negara Eropa. Kaya Akan Rempah-Rempah Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan rempah-rempah. Selain itu pencarian rempah-rempah juga dihubungkan dengan iklim negara eropa yang cukup dingin.

Salah satu hasil kekayaan alam Indonesia adalah rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan jamu dan pengobatan herbal. Bijinya dapat menghasilkan minyak dan menjadi komponen bermula minyak telon. Maksud dari gold yaitu keinginan mencari kekayaan.

Jalur kedatangan bangsa eropa ke indonesia. Sepanjang abad ke-16 dan 17 orang-orang dari benua Eropa terutama Portugis Spanyol dan Belanda memperebutkan penguasaan tanah atas rempah-rempah di Nusantara. Berikut beberapa faktor bangsa-bangsa Eropa melakukan penjajahan di Indonesia di antaranya.

Riuk suatu rempah Indonesia yang juga banyak dicari bangsa Eropa adalah adas. Di Eropa saat musim dingin tiba rempah-rempah juga dimanfaatkan sebagai bahan pengawet makanan dan. Kedatangan mereka berambisi untuk berburu dan menguasai rempah-rempah dengan menjajah Nusantara.

Kekayaan yang mereka cari terutama adalah rempah-rempah. Berbekal alasan seperti itu bangsa-bangsa Eropa berupaya mencari jalan menuju pulau-pulau di Nusantara yang diketahui sebagai sumber rempah-rempah. Negara barat saat itu sangat.

Jawaban 1 dari 2. Karena ketenaran rempah-rempah tersebut harga rempah-rempah tidak kalah dengan harga emas batangan. Karena rempah-rempah yang dimiliki Indonesia sangat melimpah ada diberbagai wilayah.


Indonesia Go Id Keunikan Rempah Rempah Nusantara Yang Mendunia


Mengapa Rempah Rempah Dibutuhkan Bangsa Eropa Halaman All Kompas Com


Alasan Kedatangan Eropa Ke Indonesia


Post a Comment for "Alasan Bangsa Eropa Mencari Rempah Rempah Di Indonesia"